karate

BEM FE Untag Sby Ulurkan Tangan di Ramadhan Berkar Penuh Rahmat

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (FE) UNTAG Surabaya selama dua minggu ramadhan (06-17&24 Juni 2016) mengadakan kegiatan Ramadhan BAPER (BerkAh PEnuh Rahmat) bazar amal dan buka bersama anak yatim piatu di Yayasan Panti Asuhan Ar Rochim Surabaya.

BEM FE UNTAG Surabaya selama  minggu lalu mengadakan bazar amal di kampus untuk menggalang dana dan dilanjutkan  buka bersama di Panti asuhan guna menyerahkan hasil dari bazar amal

" Alhamdulillah berkat kekompakan semua pihak semua kegiatan berjalan lancar, mulai dari bazar sampai buka bersama. Sangat istimewa karena kita bisa sedikit membantu sesama yang butuhkan uluran tangan kita seorang mahasiswa "  kata Ika Rachma ( ketua BEM FE UNTAG Surabaya)

" Kita sangat berharap dengan kegiatan ini adek-adek bisa sedikit terbantu dan bisa membuat mereka tersenyum bahagia, karena mereka tidak lebih enak dan nyaman dari kita mereka harus hidup hanya dengan 1 orang tua bahkan tanpa orang tua. Dan semoga kita dapat lebih mensyukuri nikmat yang sudah diberikan Allah dengan ikut bersedekah atau menyisihkan sedikit apa yang kita punya untuk mereka " pungkasnya. (Latifah)



UKM Kopma 17 Mengadakan Kegiatan Gema Inspirasi Ramadhan

Unit Kegiatan Mahasiswa Koperasi mahasiswa UNTAG Surabaya ( UKM Kopma 17) mengadakan kegiatan peringatan diesnatalis UKM bertemakan Gema Inspirasi Ramadhan di gedung Graha Widya lantai 2, kampus UNTAG Surabaya (10/6/16).

Kegiatan Gema Inspirasi Ramadhan merupakan serangkaian peringatan diesnatalis UKM Kopma 17 yang bertepatan di bulan Ramadhan dengan mengadakan buka bersama, tausiah dan bakti sosial untuk menyemarakkan bulan Ramadhan serta memperkuat silahturahmi antar UKM dan meningkatkan kepedulian sosial.

Ikhsan Hadi Pranoto ketua umum UKM Kopma 17 mengatakan Gema Inspirasi Ramadhan ini merupakan acara peringantan disnatalis UKM Kopma ke- 1. Diharapkan dengan kegiatan ini bisa  memotivasi anggota untuk bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat tidak hanya untuk anggota tetapi untuk masyarakat luas. Kegiatannya antara lain: buka bersama, tausiah ramadhan dan bakti sosial. “Untuk tausiah disampaikan oleh  DR.H.Siswanto, S.Sos.,MM yang juga alumni mahasiswa UNTAG Surabaya tausiah tentang pemimpin yang harus mempunyai sifat rendah hati, jujur dan adil, mempunya komitmen kuat untuk berjuang sepenuh hati untuk menciptakan kesejahteraan bagi orang orang yang dipimpinnya dan demokratis.Setelah  buka puasa bersama kita juga mengadakan pembagian buku, pakaian dan donasi untuk anak-anak panti asuhan Bismar al Mustaqqim,”tambah mahasiswa jurusan teknik industri tersebut.

“Semoga kedepannya UKM Kopma 17 bisa lebih maju, berprestasi dan bisa menjadi UKM yang mandiri serta berkepedulian sosial dengan membuat kegiatan – kegiatan bermanfaat untuk masyarakat,” tutupnya.(Menik)

Himabi FISIP UNTAG Surabaya Selenggarakan Seminar Nasional Terkait Hubungan Bilateral & Ekonomi Indonesia Dengan Tiongkok

Himpunan mahasiswa Administrasi Bisnis   (Himabi)  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIP ) UNTAG Surabaya mengadakan seminar nasional  bertajuk jalur sutra maritim “Kepentingan Dalam Hubungan Bilateral & Ekonomi Indonesia Dengan Tiongkok” pada kamis, 2 juni 2016 di Aula Graha Wiyata lantai 9.

Seminar nasional ini merupakan salah satu program kerja Himabi UNTAG Surabaya dengan IMABI untuk menjalin hubungan bilateral antar universitas yang tergabung dalam ikatan mahasiswa administrasi bisnis Indonesia ( IMABI).

Asep Aan Adriana ketua pelaksana seminar nasional mengatakan seminar yang bertajuk jalur sutra maritim kepentingan dalam hubungan bilateral & ekonomi Indonesia dengan Tiongkok terlaksana berdasarkan hasil rapat kerja IMABI di UNTAG Surabaya pada bulan Maret lalu yang salah satunya senimar nasional ini. “Seminar ini diharapkan nantinya prodi Adiministrasi yang tergabung dalam IMABI bisa lebih erat serta program kerjanya bisa menyeluruh di semua himpunan dan bisa menambah wawasan peserta pada  ilmu administrasi bisnis untuk lebih berkembang”,kata mahasiswa 4 itu.

Erlambang Budi Darmanto, ST.,MM selaku pemateri juga memaparkan ada tantangan dan peluang bagi pelaku usaha dalam memanfaatkan jalur sutra maritim meningkatkan peran ekspor bagi Indonesia. Dan untuk menekan produk impor bisa dilakukan dengan peningkatkan daya saing ekspor baik dari sisi jumlah barang, nilai jual barang maupun eksportirnya. Salah satunya melalui optimalisasi pelabuhan-pelabuhan, mendorong peningkatan SDM melalui pelatihan-pelatihan maupun seminar. Dari jumlah eksportir non migas di Jawa Timur menunjukkan grafik 20% merupakan eksportir besar dan sisanya 80% dari kelompok UKM serta sektor industri masih banyak tergantung dari bahan baku yang harus didatangkan dari luar pulau atau luar negeri (impor) seperti biji-bijian, produk kimia, bahan plastik, serat benang, logam, pulp dan lain-lain.

Selain itu pemateri kedua Dr. Urip Santoso, SE., MM.,Ak.,CA juga menjelaskan jika ingin berbisnis harus berkelanjutan, dimaksudkan dengan bisnis berkelanjutan ialah bisnis yang berlandaskan pada kearifan lokal. Sifat-sifat terpenting yang harus dimiliki seorang pengusaha antara lain: menilaikan ketidakpastian dengan cara tepat, mengambil inisiatif dengan cara tepat, dapat melaksanakan keinginan dan dapat menilaikan kemampuan prestasi orang-orang dengan tepat. Dua modal Indonesia dalam menghadapi MEA: penduduk/ SDM dan dataran (wilayah), untuk itu perlu adanya suatu pengelolaan yang baik serta dibutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk bisa mendayagunakan modal yang dimiliki.

Sumber Berita: warta17agustus.com

Raker Kemahasiswaan Untag Surabaya Untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi Kemahasiswaan

Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) UNTAG Surabaya mengadakan Rapat Kerja (Raker) yang diikuti oleh seluruh organisasi kemahasiswaan. Raker yang bertempat di Villa The Alit, Pacet, Mojokerto ini dilaksanakan selama 2 hari, Jum’at-Sabtu (3-4/6/2016).

Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni (BKA), I Made Sudarsana, SH, M.Hum saat ditemui warta17agustus.com, Rabu (8/6) mengatakan, pada tahun ini Raker membahas 4 agenda bidang kemahasiswaan dalam rangka peningkatan kinerja organisasi kemahasiswaan.

“Ada empat agenda yang dibahas, yaitu tata laksana organisasi, pembekalan mahasiswa baru, rencana kegiatan kemahasiswaan 2017, dan pengarsipan prestasi mahasiswa,” kata I Made di kantornya, Gedung Graha Widya lantai 1.

Lebih lanjut I Made menjelaskan, tata laksana organisasi membahas tentang persyaratan-persyaratan yang harus dilengkapi oleh mahasiswa jika ingin membentuk organisasi kemahasiswaan baru. Selanjutnya tentang pembekalan mahasiswa baru mengenai kesepakatan dengan mahasiswa.

  Tahun ini (2016) untuk pelaksana pada kegiatan pembekalan mahasiswa baru akan lebih banyak diserahkan kepada mahasiswa, tetapi tetap mengacu pada pada ketentuan Dikti, yaitu ada dari tenaga kependidikan dan dosen,” ungkapnya.

Berikutnya rencana kegiatan kemahasiswaan tahun 2017, tambah I Made, anggaran organisasi kemahasiswaan untuk tahun 2017 harus sudah mulai disiapkan, sehingga sebelum bulan September program kerja organisasi kemahasiswaan sudah masuk di bidang kemahasiswaan.

“Yang terakhir adalah pengarsipan. Jadi semua Orkem wajib mengumpulkan prestasi-prestasi mahasiswa, baik Dikti maupun non-Dikti, karena prestasi mahasiswa akan mendukung akreditasi dan peringkat universitas,” papar  I Made.

I Made berharap dari kesepakatan-kesapakatan antara pihak universitas dengan mahasiswa tidak ada kecurigaan dan mampu meningkatkan prestasi mahasiswa sehingga kualitas universitas menjadi lebih baik lagi.

Dalam Raker tersebut turut hadir pula pengurus Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya, Rektorat, Wakil Dekan, Badan Otoritas Kampus (BOK).(K-Nan)





 

Workshop PKM & KTI BEM FE Untuk Merubah Pola Fikir Mahasiswa Menjadi Peneliti

Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (FE) UNTAG Surabaya, kemaren (2/06/2016) mengadakan Workshop PKM & KTI dengan tema “ Membentuk Mahasiswa Yang Berintelektual Dan Berwawasan Serta Terampil Dalam Menulis” di Graha Widya Lt. 2 Untag Surabaya diminati banyak Mahasiswa Fakultas Ekonomi Untag Surabaya.

Ika Rahmawati ketua BEM FE mengatakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan karya tulis ilmiah (KTI) ini adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. " Dengan acara ini kita memberikan wadah kepada mahasiswa untuk lebih tahu bagaiamana cara mengikuti program-program yang diberikan pemerintah dan bisa lolos dalam ajangnya, " kata mahasiswi berhijab tersebut.

" Mengadakan acara ini harapan besar kami agar teman-teman mahasiswa bisa ikut serta atau bertasipasi aktif terhadap program yang di selenggarakan DIKTI nantinya, selain itu mahasiswa juga bisa menuangkan ide-ide kreatif atau ide-ide kritis mereka kedalam sebuah penelitian atau karya tulis yang nantinya juga bisa mengarah pada pola pikir mahasiswa bahwa sebenarnya mahasiswa bukan hanya sekedar kuliah pulang kuliah pulang, tapi ada banyak hal yang bisa dikerjakan selain kuliah pulang, salah satunya dengan meneliti, " tambah mahasiswi semester 6.

Dr. Riyadi Nugroho, MM, selaku wakil dekan FE Untag Surabaya saat pembukaan acara menjelaskan bahwa ini adalah kegaiatan yang bagus dan perlu ditindaklanjuti sehingga mahasiswa khususnya mahasiswa FE bisa mengikuti program DIKTI dan bersaing secara akademik dengan mahasiswa lain. " Kegiatan seperti ini tidak berhenti disini saja, " ucapnya.

" Saya sangat berharap BEM bisa menjebantani dan memfasilitasi mahasiswa mengenai kegiatan-kegiatan yang bersifat ilmiah dan mahasiswa bisa lebih aktif untuk mengikuti kegiatan bersifat ilmiah tersebut, " pungkas Dr. Riyadi.


Sumber Berita: warta17agustus.com

 

 

Informasi :
KEMAHASISWAAN
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945
Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya 
Telp. 031-5921516